Latest Article

4 Contoh Teknologi Ramah Lingkungan untuk Kehidupan Sehari-hari


Dunia teknologi yang terus berkembang perlu diimbangi dengan adanya teknologi ramah lingkungan demi menjaga kondisi lingkungan sekitar tetap terjaga keasriannya. Tidak kalah dengan luar negeri, anak bangsa juga mampu menghasilkan teknologi ramah lingkungan yang menguntungkan serta memudahkan untuk digunakan masyarakat secara luas namun tetap aman untuk kelestarian lingkungan hidup yang lebih optimal.

Kulkas yang Tidak Menggunakan Listrik
Hampir di setiap rumah terutama di kota besar pasti memiliki kulkas baik dari ukuran yang kecil hingga besar. Dua orang siswa SD di Semarang, Arya dan Sanika, menemukan inovasi pembuatan kulkas tanpa menggunakan daya listrik. Dengan berbekal peralatan yang sederhana maka anda sudah bisa memanfaatkan kulkas ini untuk menyimpan berbagai jenis bahan makanan dengan suhu yang stabil tanpa menggunakan listrik. Dua siswa dari SD Al-Azhar 14 Semarang ini bahkan berhasil mendapatkan penghargaan di Korea.

Motor Listrik
Penggunaan motor listrik memang belum terlalu populer dan mudah ditemukan dimana-mana. Namun inovasi ini tentu saja sangat menguntungkan bagi lingkungan karena tidak menimbulkan emisi karbon seperti motor berbahan bakar gas atau BBM. Bahkan motor listrik mampu menempuh jarak antara 80-100 km hanya menggunakan pengisian baterai selama 4 jam. Sehingga inovasi ini sangat menarik untuk digunakan sebagai teknologi ramah lingkungan. 60% porsi biaya pembuatan motor listrik adalah untuk baterai. Saat ini banyak pihak berlomba-lomba mengembangkan baterai dengan kapasitas penyimpanan daya yang besar dengan biaya terjangkau.

Kompor Hidrogen
Inovasi kompor hidrogen ini seakan menjadi solusi dari masalah langkanya gas elpiji di masyarakat. Dengan memanfaatkan bahan bakar hidrogen untuk menyalakan api pada kompor tersebut tentunya menjadi solusi yang sangat efisien untuk memenuhi kebutuhan memasak sehari-hari anda.

Lampu yang Menyala Selamanya
Lampu ini memanfaatkan bakteri yang ada di dalam tubuh cumi-cumi, yaitu bioluminescence dan menggunakan bantuan alat biolie. Tentunya bakteri tersebut harus dirawat dengan baik sehingga dapat menghasilkan cahaya yang dibutuhkan di rumah-rumah seperti fungsi lampu listrik pada umumnya. Sehingga selain ramah lingkungan juga dapat menghemat biaya pembayaran listrik keluarga.

Berbagai pengembangan teknologi ramah lingkungan ini memang harus didukung dengan baik agar nantinya dapat dimanfaatkan secara optimal di masyarakat secara luas. Dampaknya untuk konservasi lingkungan juga akan semakin optimal.

By Putri

Tidak ada komentar