Latest Article

Dampak Positif dan Negatif Teknologi terhadap Kehidupan Manusia

Bagi dua sisi mata uang, teknologi mempunyai sisi positif dan negatif bagi kehidupan manusia.

Teknologi memang sudah melekat dalam kehidupan setiap orang. Sebagian orang bahkan sudah sangat tergantung dalam pemakaian teknologi di kehidupan sehari-hari. Hal ini terjadi karena perkembangan zaman dan kebutuhan yang semakin beragam. Namun teknologi tidak selalu memberikan dampak yang positif bagi kehidupan. Adakalanya teknologi berdampak negatif. Berikut adalah dampak positif dan negatif teknologi terhadap kehidupan manusia.

Dampak positif :


Media hiburan tanpa batas
Teknologi pada saat ini dapat menjadi sebuah media hiburan yang bisa diakses kapanpun dan dimanapun. Banyak sekali media-media hiburan yang dapat diakses melalui internet. Pada zaman dahulu media hiburan primer hanyalah televisi atau radio. Namun pada saat ini teknologi menyediakan hiburan yang sangat lengkap dan hampir tanpa batas. Kita bisa mengakses Youtube untuk dapat melihat berbagai macam video. Untuk pengguna internet yang menyukai film dari manca negara, namun sudah tidak tayang di layar bioskop, pilihan akses melalui streaming berbayar juga tersedia. Beberapa platform download film dan musik secara legal juga sudah banyak tersedia. Belum lagi selain bisa mengaksesnya melalui internet, kita dapat mendownloadnya dan menonton secara offline. Selain itu tersedia pula game online yang sangat beragam yang memungkinkan orang-orang dari berbagai negara berinteraksi dan melakukan permainan yang sama di waktu yang sama.

Teknologi Mempermudah Komunikasi
Zaman dahulu untuk melakukan komunikasi jarak jauh kita mungkin hanya bisa melakukannya dengan SMS, telpon atau mengirim surat lewat pos. Namun, teknologi pada masa kini sangat mempermudah kita untuk melakukan komunikasi jarak jauh. Selain itu komunikasi di era teknologi seperti sekarang ini, tidak hanya berlangsung searah, atau dua arah saja. Dengan banyaknya sosial media yang ada kita dapat bertukar komunikasi dengan siapapun dan dimanapun. Tiap orang bisa menjadi pusat informasi bagi semua orang. Sehingga arus informasi tidak hanya dimonopoli oleh media mainstream seperti stasiun televisi atau media massa.

Teknologi Dapat Mempercepat Arus Informasi
Selain mempermudah komunikasi, teknologi juga dapat mempercepat arus informasi. Dengan adanya smartphone dan fasilitas lainnya untuk mengakses internet, anda dapat mencari informasi tentang apapun dalam hitungan detik saja.

Dampak negatif :


Perkembangan Teknologi Membuat Manusia Malas Bersosialisasi
Selain berdampak positif, teknologi juga memiliki beberapa dampak negatif. Salah satunya adalah membuat malas bersosialisasi. Dengan adanya media sosial, dibandingkan dengan mengobrol secara langsung, orang-orang lebih banyak melakukan komunikasi menggunakan media sosial (chatting) yang pada akhirnya bisa saja menimbulkan sifat individualis.

Menimbulkan Banyak Konten Negatif
Perkembangan teknologi memang menimbulkan banyak konten negatif yang muncul dan dapat diakses melalui internet. Seperti berita hoax, video porno, dan lain sebagainnya. Di jaman polarisasi antar kelompok dan banyaknya isu politik yang beredar, misinformasi dan hoax adalah tantangan besar bagi platform media sosial seperti Facebook dan Twitter.

Menurunkan Prestasi Belajar.
Perkembangan teknologi memang menjadi salah satu pemicu penurunan prestasi. Dikarenakan teknologi yang menyediakan berbagai macam hiburan seperti game dapat membuat orang-orang lupa waktu. Apalagi dalam prakteknya teknologi internet saat ini banyak digunakan oleh kaum muda dan anak-anak usia sekolah. Dalam kasus ini, peran orang tua sangat penting dalam penggunaan teknologi bagi anak-anak.

Dampak positif dan negatif teknologi terhadap kehidupan manusia akan selalu ada, bagaikan dua sisi mata uang. Banyak solusi untuk menekan dampak negatif teknologi, antara lain dengan sensor yang dilakukan oleh pemerintah, pengawasan orang tua terhadap anak, peningkatan minat baca dan literasi masyarakat, dan utamanya kontrol diri masing-masing.

By Anisya

Tidak ada komentar