Latest Article

Pemerintah AS dan Jepang Cekal Huawei, Teknologi Backdoor pada Perangkat Ini Dianggap Mengancam



Larangan menggunakan perangkat Huawei sebelumnya sudah dilakukan oleh pemerintah Amerika Serikat. Pemerintah AS menganggap jika Huawei memiliki kaitan yang erat dengan pemerintah Tiongkok dan menyematkan teknologi backdoor dalam setiap perangkatnya. Pihak Huawei sendiri secara tegas membantah tudingan tersebut dan menyatakan jika dirinya tidak memiliki kaitan dengan urusan pemerintahan Tiongkok.

Setelah Amerika Serikat, kini giliran Jepang yang secara resmi akan memberhentikan pembelian perangkat Huawei dan ZTE. Alasannya karena pemerintah Jepang ingin meningkatkan sistem keamanan dan pertahanannya dari kemungkinan bocornya informasi intelijen karena serangan siber. Setidaknya mulai pertengahan Desember ini, Jepang akan merevisi seluruh peraturan internalnya mengenai pengadaan barang. Meski demikian pemerintah Jepang tidak menyebutkan secara spesifik jika revisi peraturan tersebut berkaitan dengan Huawei dan ZTE. Ke depannya pemerintah Jepang akan melakukan langkah-langkah baru untuk memperkuat sistem ketahanan dan keamanannya.

Juru bicara pemerintah Jepang pada awalnya sempat menolak berkomentar tentang merebaknya isu ini. Namun ia menyatakan jika Jepang melakukan banyak komunikasi dengan pemerintah AS termasuk mengenai sistem keamanan siber. Juru bicara Pemerintah Jepang mengatakan bahwa keamanan siber merupakan salah satu isu penting di Jepang dan pemerintah akan melakukan langkah-langkah tegas untuk menjaga keamanannya.

Pemerintah AS memang secara resmi mengeluarkan larangan pembelian produk keluaran Huawei sejak tahun ini. Hal ini didasarkan dari dugaan Intelijen CIA yang menyatakan jika Huawei memiliki backdoor di setiap perangkatnya yang digunakan sebagai alat untuk memata-matai. Meski demikian belum ada bukti yang konkret mengenai hal ini.

Sebelumnya Selandia Baru dan Australia juga sudah mengambil langkah tegas dengan melarang Huawei membangun jaringan 5G di negaranya. Salah satu perusahaan telekomunikasi ternama asal inggris yaitu BT Group juga sudah tidak lagi menggunakan peralatan Huawei pada jaringan 3G dan 4G yang dimiliki. Ke depannya BT Group juga akan melakukan langkah yang sama dengan tidak menggunakan perangkat Huawei pada jaringan 5G nya. Meski belum ada bukti yang jelas, agaknya pemerintah dan masyarakat kita perlu seksama menanggapi isu ini. Karena tidak mungkin beberapa negara tersebut tanpa alasan yang kuat memberlakukan Larangan menggunakan perangkat Huawei.

By Ayana Hiromi

Tidak ada komentar