Latest Article

Bitcoin Hari Ini dan Cerita Inkonsistensi Mata Uang Digital

Berapa harga Bitcoin hari ini dalam kurs rupiah? Pertanyaan tersebut muncul di situs peramban setiap harinya. Lalu, apakah Bitcoin sebenarnya?


Ketika berada di zaman yang sudah serba canggih ini, segala sesuatunya mulai berkembang dengan pesat. Sistem-sistem terdahulu pun seperti dibuat semakin update sedemikian rupa agar mempermudah segala aktivitas manusia. Semua hal yang biasa dilakukan secara konvensional, perlahan-lahan dibuat agar bisa dilakukan secara digital melalui sistem online. Termasuk salah satunya perkembangan pada mata uang virtual di era digital ini. Salah satu yang paling populer yaitu Bitcoin

Bitcoin merupakan mata uang virtual yang biasa dilakukan untuk transaksi di internet terutama pada kalangan pengguna cryptocurrency. Nilai dari Bitcoin sangat melonjak tajam, bahkan pernah satu Bitcoin dihargai hampir sekitar Rp. 300 juta. Fantastis bukan? Namun, investasi Bitcoin bukan tanpa kelemahan. Sepanjang tahun 2018 nilai kurs Bitcoin terhadap berbagai kurs mata uang terus melemah. Dengan segala kehebatannya dan kekurangannya itulah maka Anda perlu untuk mengenal mata uang bitcoin ini, sebelum memutuskan berkecimpung dalam dunia investasi Bitcoin.

Asal Muasal Terciptanya Bitcoin
Bitcoin pada awalnya diciptakan oleh sekelompok orang yang kemudian menamai diri mereka sebagai Satoshi Nakamoto. Hal ini juga yang menjadi jawaban dari mengapa bagian-bagian kecil dari bitcoin disebut sebagai ‘Satoshi’. Para pembuat mata uang bitcoin ini ingin membuat penjualan yang bertanggung jawab, menghilangkan perantara dan biaya bunga serta membuat sistem transaksi menjadi transparan. Oleh sebab itu, terciptalah mata uang bitcoin. 

Sistem dari bitcoin ini dibuat dan dirancang agar bisa dilihat dan diperiksa oleh semua orang. Bitcoin juga memiliki sistem desentralisasi, yang berarti pengguna dapat mengontrol serta tahu sepenuhnya apa yang terjadi dengan dana yang dimilikinya.

Fungsi Dari Bitcoin
Sama halnya dengan mata uang yang tercetak, bitcoin yang merupakan mata uang virtual ini juga bisa digunakan untuk beragam hal. Mulai dari memesan hotel, berbelanja barang-barang keperluan, investasi, dan masih banyak lagi. Bitcoin juga biasa digunakan untuk transaksi secara internasional karena sifatnya yang mudah digunakan dan murah sebab tidak terikat dengan peraturan dan negara manapun. 

Jika pebisnis kecil menggunakan sistem pembayaran dengan menggunakan bitcoin, mereka akan mendapatkan keuntungan berupa bebas dari biaya kartu kredit dan biaya-biaya eksternal lainnya.

Tantangan Eksistensi Bitcoin
Harga Bitcoin terus mengalami penurunan sepanjang tahun 2018. Bahkan, tidak ada tanda-tanda nilai Bitcoin akan mengalami penguatan. 

Pada Desember 2017 nilai kurs Bitcoin terhadap rupiah berada pada angka 227 juta rupiah. Per hari ini, ketika tulisan ini diterbitkan, nilai Bitcoin berada pada angka 47 juta rupiah. Anjlok sekitar 80%. Lalu apakah Bitcoin sebagai mata uang digital akan mampu untuk terus eksis?

foto google.com: nilai kurs Bitcoin sepanjang tahun 2018

Perkembangan nilai Bitcoin sepenuhnya tergantung mekanisme pasar. Ketika banyak orang membeli Bitcoin tentu nilainya akan merangkak naik. Sebaliknya ketika masyarakat berhenti membeli Bitcoin karena ada sentimen negatif, maka harganya dipastikan akan merosot.

Sentimen ini bisa saja datang dari berbagai isu yang melingkupi Bitcoin, seperti kepercayaan pengguna, isu keamanan, dan sebagainya. Namun justru ada kecenderungan beberapa orang yang biasa berkecimpung di dunia saham dan asset digital untuk membeli saham atau asset ketika harganya turun, lalu menjualnya ketika ada sentimen positif dan harganya naik. Hal ini akan berdampak pada tingginya keuntungan yang akan mereka dapatkan jika mereka menjualnya.

Lalu, apakah anda berminat berinvestasi di dunia Bitcoin?

By Ismail Nur Hidayat & Ayana Hiromi

Tidak ada komentar