Latest Article

Tips Mudah Membersihkan Keyboard Laptop



Keyboard laptop merupakan komponen penting yang terdapat pada laptop. Keyboard ini tentunya mempunyai beragam fungsi, mulai dari untuk mengetik sampai memberikan perintah lewat tombol-tombol yang ada pada keyboard untuk laptop. Tentunya kebersihan keyboard laptop menjadi salah satu faktor utama yang dapat membuatnya dapat bekerja secara lancar. Karena jika keyboard kotor, bisa saja beberapa tombol menjadi error atau bahkan yang lebih fatal menjadi tidak lagi berfungsi. Jika Anda merasa bingung dengan bagaimana cara membersihkan keyboard laptop, jangan khawatir, di sini akan kami bahas secara lengkap bagaimana cara membersihkan keyboard laptop dengan mudah.

Cara Merawat dan Membersihkan Keyboard Laptop dengan Mudah
Berikut adalah cara mudah untuk merawat dan membersihkan keyboard laptop Anda:

1. Matikan Laptop Terlebih Dahulu
Jika Anda ingin melakukan pembersihan pada komponen yang terdapat di Laptop, ada baiknya matikan laptop terlebih dahulu sebelum Anda melakukan pembersihan keyboard laptop untuk menghindari adanya konslet.

2. Buka Laptop, Posisikan Terbalik, Lalu Tekan-Tekan Tombol Keyboard
Dengan melakukan posisi ini, kotoran pada keyboard laptop cenderung akan lebih mudah keluar dan jatuh. Lakukan penekanan pada tombol-tombol keyboard seperti ketika Anda sedang mengetik agar kotoran-kotoran yang terdapat di dalamnya bisa dengan mudah keluar.

3. Gunakan Kuas
Jika cara di atas kurang efektif, Anda bisa memanfaatkan kuas sebagai alat bantu untuk membersihkan keyboard laptop. Kuas yang digunakan disini bisa beragam, mulai dari kuas khusus membersihkan kotoran sampai kuas make up. Penggunaan kuas ini berfungsi untuk menjangkau debu-debu dan kotoran yang terdapat di dalam dan disela-sela tombol keyboard laptop Anda.

4. Gunakan Vacuum Cleaner Mini
Ingin hasil yang lebih maksimal namun mudah untuk dilakukan? Anda bisa memilih menggunakan Vacuum Cleaner Mini untuk membersihkan keyboard laptop tersebut. Vacuum dengan jenis seperti ini sudah banyak beredar di pasaran dan bisa Anda gunakan dengan mudah. Cukup dengan menghubungkannya pada sumber listrik lalu dengan menekan tombol powernya maka alat ini sudah bisa berfungsi menyedot dan membersihkan kotoran yang terperangkap pada keyboard laptop Anda. Sebaiknya, gunakanlah vacuum dengan tekanan yang rendah agar tidak memberikan dampak yang buruk pada keyboard laptop Anda.

5. Jangan Coba-coba membongkar Laptop
Mungkin terlintas di pikiran Anda, membongkar laptop sama saja seperti membongkar handphone atau radio, sehingga Anda punya keinginan untuk membongkar laptop agar bisa membersihkan dari dalam. Tetapi Anda perlu ketahui komponen pada laptop jelas lebih rumit dan kompleks dari perangkat handphone atau radio. Untuk itu jika Anda tidak punya keahlian khusus untuk mereparasi laptop, sebaiknya anda hindari untuk membuka laptop sendiri dengan jumawa. Terlebih komponen laptop sangat compact dan sangat detail. Terkadang ada benturan sedikit saja, audio atau sistem charging laptop akan terganggu.

By Ayana Hiromi

Tidak ada komentar