Latest Article

Cara Export File Peta ArcGIS ke Google Earth


ArcGIS merupakan software pemetaan yang cukup populer dengan ArcMAP sebagai software terintegrasi utamanya. Selain itu ArcGIS juga memiliki banyak fitur yang memudahkan penggunanya untuk merubah ekstensi file sehingga kompatibel ketika digunakan di software lain.

Biasanya, untuk mengatur jalur atau mencari elevasi suatu lahan atau rencana peta, ArcGIS harus dikombinasikan dengan Google Earth. Untuk itu file ArcGIS harus di-convert dulu sehingga ekstensinya dapat dibaca oleh Google Earth.

Secara umum file ArcGIS berekstensi .Shp, namun bisa juga kita meng-export peta ArcGIS agar kompatibel ketika dibuka di Google Earth. Berikut langkah-langkahnya:

1.    Cari Folder Toolboxes pada kolom Catalog di sisi kanan ArcGIS.

2.    Bukalah isi folder Toolboxes dengan klik tanda (+)

3.    Cari Conversion Tools

4.    Pilih To KML, lalu akan muncul 2 pilihan: Layer To KML dan MAP to KML

  • .kml adalah format ekstensi file yang dapat dibaca oleh Google Earth.
  • Pilih Layer To KML jika anda hanya ingin convert 1 layer saja dalam peta ArcGIS yang anda buat.
  • Pilih Map to KML jika anda ingin convert seluruh peta yang anda buat di ArcGIS.


Pilih dengan kilk 2 kali.

5.    Pilih Layer yang ingin anda convert ke KML

Tentukan juga nama file dan nama folder tempat menyimpan file hasil convert.
Lalu klik OK.

Tunggulah beberapa saat hingga proses convert selesai. Setelah proses selesai carilah folder yang anda gunakan sebagai tempat menyimpan hasil konversi sebelumnya, lalu coba anda buka di Google Earth.

Jika pada poin nomer 4 anda memilih MAP to KML maka anda akan meng-convert seluruh isi peta ke Google Earth, namun jika file ArcGIS terlalu besar, biasanya akan memakan waktu yang sangat lama. Oleh karena itu untuk menghindari software ArcGIS not responding maka pastikan kemampuan PC atau computer anda cukup untuk melakukan convert seluruh peta ArcGIS.

Demikian tutorial cara export peta ArcGIS ke Google Earth, jika ada pertanyaan atau masukan tutorial lain, silakan tinggalkan pesan di kolom komentar.

Tidak ada komentar