Latest Article

Macam-macam Fitting atau Sambungan Pipa

Fitting atau sambungan pipa adalah salah satu komponen pada sistem perpipaan. Fitting berfungsi menyambung suatu pipa dengan pipa yang lain, merubah arah aliran pipa, membuat cabang pipa, memperkecil ukuran perpipaan. Ada berbagai jenis fitting sesuai fungsinya.

Elbow


Elbow adalah jenis fitting yang digunakan untuk merubah arah perpipaan 45° atau 90°. Ditinjau dari radius bengkokan, elbow tersedia dalam tipe sbb:

1. Long radius: radius = 1.5 x Diameter
2. Short radius: radius = 1 x Diameter

Tee


Tee adalah jenis fitting 3 lubang (3-way fitting) yang berbentuk seperti huruf “T” digunakan untuk membuat cabang tegak lurus terhadap pipa utama. Terdapat 2 tipe yang umum dipakai di perpipaan, yaitu:

1.  Stright Tee
Tee yang memiliki 3 bukaan dengan ukuran penampang yang sama.
2.  Reducung Tee
Tee yang memiliki sebuah cabang dengan ukuran penampang yang lebih kecil dari pipa utamanya.

Reducer


Reducer adalah jenis fitting yang digukanan untuk mereduksi ukuran perpipaan. Ada 2 tipe reducer, yaitu:

1. Concentric Reducer
Reducer yang memiliki pusat sumbu (centerline) yang sama antara penampang yang besar dan yang kecil.
2.  Eccentric Reducer
Reducer yang memiliki pusat sumbu yang berbeda (offset) antara penampang yang besar dan yang kecil.


Concentric reducer lebih umum digunakan, sedangkan eccentric reducer sering digunakan pada perpipaan di daerah sekitar pompa dan piperack.

Cap


Cap adalah jenis fitting yang digunakan untuk menutup ujung pipa. Metode sambungan bisa berupa: butt weld, socket weld, treaded.

Weldolet


Weldolet adalah jenis fitting yang digunakan untuk membuat cabang dengan ukuran lebih kecil dari pipa utamanya. Weldolet biasanya dipakai pada perpipaan dengan tekanan dan temperatur tinggi dengan sambungan las tipe buttweld.

Mitre


Mitre kadang-kadang digunakan untuk menggantikan elbow. Mitre difabrikasi dari material pipa. Pemakaian untuk ukuran pipa besar bisa lebih murah dari pada Miter biasanya dipakai untuk perpipaan dengan ukuran besar dan tekanan rendah.

Coupling

Coupling adalah jenis fitting yang digunakan untuk membuat cabang (half coupling) pada pipa dengan ukuran 2” ke atas dan untuk menyambung pipa lurus (full coupling).
Metode sambungan bisa berupa: socket weld, dan treaded.

Plug

Plug adalah jenis fitting yang digunakan untuk menutup bagian ujung yang terbuka dari coupling atau ujung valve dari vent atau drain.

Union

Union pada dasarnya digunakan untuk keperluan melepas fitting dan dalam beberapa kasus digunakan untuk menyambung (assembly) perpipaan.

Tidak ada komentar