Latest Article

Mengenal Standard Kontrak FIDIC: Contract for Dredging Work (the Blue Book)

Salah satu jenis standard kontrak FIDIC adalah Contract for Dredging Work (the Blue Book). FIDIC menerbitkan standard kontrak ini (sesuai namanya, berwarna biru) pada tahun 2006, dan direvisi pada tahun 2011.

Beberapa alasan FIDIC merevisi buku standard kontrak the Blue Book adalah:

  1. Menjadikan standard kontrak ini lebih ramah pengguna. Hal ini bertujuan agar penggunaan kontrak lebih mudah bagi klien di pasar negara berkembang.
  2. Membuat standard kontrak ini lebih spesifik untuk industri pengerukan (dredging), karena standard kontrak ini tidak cocok untuk pekerjaan konstruksi kelautan yang kompleks.

Sesuai namanya, kontrak ini digunakan untuk pekerjaan dredging atau pengerukan atau reklamasi, dan mungkin disertai dengan pekerjaan sipil kecil.

Tetapi standard kontrak FIDIC ini bukan digunakan untuk konstruksi laut atau proyek lepas pantai yang rumit. Karena biasanya untuk konstruksi laut atau proyek lepas pantai memerlukan berbagai pengujian yang rumit dan prosedur yang harus dilakukan oleh para ahli.

Saat anda menggunakan standard kontrak ini untuk proyek yang kompleks, maka harus disertakan banyak tambahan dan variasi yang tentu saja tidak dijelaskan dalam standard kontrak ini.

Beberapa Keuntungan Menggunakan Kontrak Blue Book

  1. The Blue Book adalah kontrak spesialis yang ditulis untuk non-spesialis, yang tentunya dikhususkan pada pekerjaan dredging atau reklamasi.
  2. Mudah digunakan dan menggunakan kata-kata yang jelas dan tepat baik untuk penutur bahasa Inggris atau tidak.
  3. Kontrak ini singkat tetapi berisi semua elemen yang relevan. Itu karena struktur kontrak the Blue Book tidak dimaksudkan untuk proyek yang kompleks.
_____________________________________________________________________________________________
Tulisan ini merupakan salah satu serial tulisan yang membahas mengenai standard kontrak FIDIC dan jenis-jenisnya. Pembahasan mengenai jenis-jenis standard kontrak FIDIC yang lain dapat dibaca dengan klik link tulisan di bawah ini:

Tidak ada komentar