Latest Article

Prinsip Kerja Percobaan Impact of Jet

Impact of jet adalah suatu percobaan yang menyelidiki tentang pengaruh momentum tumbukan suatu fluida terhadap suatu permukaan (vane). Secara umum prinsip kerja impact of  jet dapat dilihat pada skema gambar berikut:


Skema percobaan Impact of Jet
(Memorial University of Newfoundland Faculty of Engineering and Applied Science)

Eksperimen ini didasarkan pada momentum yang terjadi akibat tumbukan pancaran air dengan plat.

 Skema Tumbukan Air pada Plat

Air yang ditampung pada hidraulic bench, dipompa naik dengan menggunakan pompa sentrifugal yang akhirnya terhubung dengan perlengkapan jet impact melalui supply house. Air yang terpompa dirubah tekanannya menjadi lebih tinggi dengan menggunakan sebuah nossel pada ujung selang air. Air yang keluar dengan tekanan yang lebih tinggi akan menjadi sebuah gaya yang menumbuk plat yang berada di atasnya. Dari sini kita dapat mengukur momentum yang terjadi akibat tumbukan air dengan plat. Dapat dilihat dengan pengaturan jockey weight dan weight beam.
  
Sketsa Pengukuran Peralatan Jet Impact

Putaran pompa dapat diatur untuk mengetahui perbedaan aliran air yang akan timbul untuk menghasilkan momentum. Flowmeter diintegrasi dan telah dipilih untuk suatu metoda pengukuran arus yang sangat berguna. tangki flowmeter dipasang untuk mengakomodasi laju alir tinggi atau rendah.

Suatu katup peredam di dalam  dasar tangki volumetric dioperasikan oleh suatu pengontrol actuator. Bukaan katup peredam mengembalikan volume air yang terukur kepada air bah di dalam  dasar bangku untuk pendaurulangan. Suatu overflow di dalam  tangki volumetric menghindari tejadinya genangan.

Tidak ada komentar