Latest Article

5 Negara Industri yang Paling Maju di Kawasan Asia Timur


Asia Timur cukup terkenal dengan kawasan industrinya. Kawasan yang merupakan sub atau salah satu regional dari benua Asia ini memang memiliki jumlah negara maju lebih banyak ketimbang regional lain. Alasannya jelas karena pertumbuhan di berbagai bidang semisal pendidikan dan utamanya industri yang cukup cepat disini. Berikut daftar 5 negara industri yang paling maju di kawasan Asia Timur.


Negara industri yang paling maju di kawasan Asia Timur
 
Perlu diketahui, di kawasan Asia Timur hanya terdapat 8 negara saja. Dulunya ada 1 negara yang jadi satu yakni Korea, namun kini telah terpisah jadi Korea Selatan dan Korea Utara. Nah, di antara beberapa negara yang ada di Asia Timur, berikut ini yang paling maju khususnya dalam sektor industri.

1. China
Negara dengan jumlah penduduk yang sangat padat dan luas wilayah sekitar 9.596.961km2, China menjadi salah satu negara industri yang paling maju di kawasan Asia Timur, bahkan di dunia. Tak hanya itu, dalam bidang teknologi dan pendidikan, China juga cukup maju. Masalah paham, China sama halnya dengan Uni Soviet (bekas Rusia) dan Vietnam yang dulu menganut paham komunisme namun perlahan-lahan mereka meninggalkan paham ini. Di negara China sistem satu partai masih dijalankan dengan Partai Komunis China sebagai partai penguasa, namun sebenarnya ideologi komunis sudah tidak dipakai oleh negara ini. Komunis hanya dijadikan label pada nama partai. Saat ini China sudah berubah menjadi negara liberal dengan menebar investasi ke seluruh dunia.

2. Jepang
Kemajuan teknologi serta pendidikan di negara ini terbilang cukup pesat jika dibandingkan dengan negara di Asia Timur lainnya. Kemajuan dari berbagai sektor khususnya industri membuat perekonomian Jepang cukup maju. Jepang juga sangat maju dalam hal kekuatan militernya. Sedangkan dalam bidang teknologi, Jepang cukup unggul pada bidang robotika, permesinan dan juga telekomunikasi.

3. Taiwan
Selanjutnya, negara industri yang paling maju di kawasan Asia Timur adalah Taiwan. Selain maju dalam bidang industri, Taiwan juga maju pesat dalam bidang pendidikan.

4. Korea Selatan
Salah satu industri yang paling maju di Korea Selatan yakni industri perfilman. Dulunya negara ini menjadi satu dengan Korea Utara hingga karena adanya perbedaan idiologi sebagai akibat perang dingin antara Uni Soviet dan Amerika Serikat akhirnya kedua negara tersebut bergumul dalam perang sodara dan berpisah (gencatan senjata) hingga kini.  Selain dalam bidang industri, Korea Selatan juga cukup maju dalam bidang teknologi dan olahraganya. Negara asal girlband SNSD ini rajin masuk 5 besar klasemen Asian Games dari waktu ke waktu. Dalam hal ekonomi, Korea Selatan berhasil menjadi salah satu dari empat Macan Asia Timur dengan nilai ekspor dan impor yang sangat luar biasa.

5. Hong Kong
Negara dengan luas yang hanya sekitar 1.104km2 ini juga bisa dibilang sebagai salah satu negara industri yang paling maju di kawasan Asia Timur. Selain industrinya yang pesat, sektor wisata di Hong Kong juga cukup maju.

Itulah 5 negara industri yang paling maju di kawasan Asia Timur. Setiap negara memiliki kelebihan dan kekurangan dalam beberapa sektor, meski begitu beberapa negara di atas adalah terbaik dalam sektor industri utamanya di kawasan Asia Timur. 

Tidak ada komentar