Latest Article

Mengenal Standard Kontrak FIDIC: Contract for Construction (the Red Book)

Contract for Construction (the Red Book) atau kontrak konstruksi adalah salah satu tipe kontrak FIDIC, di mana dalam contract of construction semua study, design, detail design sampai dengan volume yang akan dilaksanakan disiapkan oleh owner. Dengan kata lain kontraktor tinggal bekerja sehingga semua kesalahan integrasi design menjadi resiko owner.

The Red Book telah digunakan secara luas selama dua dekade. Secara khusus, telah diakui untuk, antara lain, prinsip-prinsip pembagian risiko yang seimbang antara owner dan kontraktor dalam proyek-proyek di mana kontraktor membangun infrastruktur sesuai dengan desain yang disediakan oleh owner. Namun, pekerjaan juga dapat mencakup beberapa elemen pekerjaan sipil, mekanik, listrik dan atau konstruksi yang dirancang dan diajukan oleh kontraktor.

Pada kontrak konstruksi owner akan melimpahkan kewenangan pengawasan pelaksanaan pekerjaan kepada engineer. Sehingga untuk pengawasan pekerjaan dilapangan sehari-hari keterlibatan owner akan diwakili oleh engineer.

FIDIC menerbitkan standard kontrak the Red Book pada tahun 1999. Namun standard kontrak ini telah diperbaruhi dengan keluarnya edisi ke dua pada tahun 2017.

The Red Book FIDIC Edisi Kedua ini melanjutkan prinsip-prinsip dasar FIDIC tentang pembagian risiko yang seimbang sambil berupaya memperbaiki edisi sebelumnya dengan pengalaman substansial yang diperoleh dari penggunaannya selama 18 tahun terakhir. Misalnya, edisi ini menyediakan:

  1. Detail dan kejelasan yang lebih baik tentang persyaratan pemberitahuan dan komunikasi lainnya;
  2. Ketentuan untuk menangani klaim pengusaha dan kontraktor yang diperlakukan sama dan terpisah dari perselisihan;
  3. Mekanisme untuk menghindari perselisihan
  4. Ketentuan terperinci untuk manajemen kualitas, dan verifikasi kepatuhan kontrak kontraktor.

_____________________________________________________________________________________________

Tulisan ini merupakan salah satu serial tulisan yang membahas mengenai standard kontrak FIDIC dan jenis-jenisnya. Pembahasan mengenai jenis-jenis standard kontrak FIDIC yang lain dapat dibaca dengan klik link tulisan di bawah ini:

Tidak ada komentar