Latest Article

Mengenal Standard Kontrak FIDIC: Contract for Plant, Design-Build (the Yellow Book)

Design-Build Contract adalah standard kontrak FIDIC di mana study, design sampai dengan pelaksanaan pembangunan dan pengujian dilaksanakan oleh satu entitas yaitu kontraktor.

Pertimbangan utama pemilihan tipe kontrak ini adalah penghematan waktu pelaksanaan kontrak, karena pelaksanaan study dan Enginering dapat dilaksanakan paralel dengan pelaksanaan fisik, untuk pekerjaan yang tidak menunggu persetujuan design.

Dengan semua study, engineering dan pelaksanaan pembangunan dilaksanakan oleh kontraktor, maka semua resiko terkaitpun menjadi resiko kontraktor. Nilai awal kontrak ini adalah nilai sementara berdasarkan volume sementara dan akan diamandemen begitu design selesai dan volume pekerjaannya diketahui/ disetujui oleh Owner.

FIDIC pertama kali merilis standard kontrak the Yellow Book pada tahun 1999 dan diperbaruhi lagi dengan edisi ke dua pada tahun 2017.

_____________________________________________________________________________________________
Tulisan ini merupakan salah satu serial tulisan yang membahas mengenai standard kontrak FIDIC dan jenis-jenisnya. Pembahasan mengenai jenis-jenis standard kontrak FIDIC yang lain dapat dibaca dengan klik link tulisan di bawah ini:

Tidak ada komentar