Latest Article

Mengenal Kontrak Berbasis Fidic

Apa itu FIDIC? FIDIC adalah Federation Internationale des Ingenieur Conseills. Badan ini telah berdiri sejak tahun 1913 dan telah beranggotakan banyak negara dari seluruh dunia. Indonesia adalah salah satu dari anggota FIDIC. 

Badan ini telah menerbitkan berbagai buku standard yang berisi persyaratan umum kontrak. Dokumen FIDIC merupakan standard kontrak internasional dan digunakan di seluruh belahan dunia. Dokumen-dokumen yang dirilis FIDIC dapat memudahkan para stakeholder proyek di seluruh dunia dalam membuat kontrak baku yang dapat disepakati bersama.

Mengingat FIDIC sangat mengedepankan keadilan, kesetaraan kedudukan dan bahasa yang digunakan sangat ringkas, jelas, dan tegas maka standard kontrak FIDIC sangat disukai, terlebih untuk kontrak-kontrak internasional. Penerapan syarat kontrak dari FIDIC bertujuan agar hasil produk dalam bidang jasa konstruksi menjadi lebih baik.

Kenapa Harus Mempelajari dan Menggunakan Standard Kontrak FIDIC?

Secara bertahap namun pasti penerapan proyek di manapun mulai akan mengacu pada aturan yang dibuat FIDIC. Sejalan dengan itu, maka para pelaku jasa kontruksi (penyedia jasa dan pengguna jasa) dituntut memahami aturan di dalamnya. Maka dalam serial tulisan mengenai kontrak berbasis FIDIC ini, kami akan menjelaskan mengenai tipe-tipe kontrak FIDIC.

Jenis/ Tipe-tipe Kontrak yang Mengacu Pada Standard FIDIC:

Untuk penjelasan mengenai jenis/ tipe-tipe kontrak FIDIC silakan klik pada link artikel di atas.

Tidak ada komentar