Latest Article

Pengertian Impact of a Jet

Perubahan tekanan menjadi kecepatan sering dimanfaatkan untuk kerja mesin yang menggunakan fluida sebagai fluida kerjanya, salah satunya adalah prinsip nosel yang memanfaatkan kecepatan fluida. Aliran mengenai sudu-sudu turbin yang mana turbin dikopel dengan generator, pada sudu turbin menggunakan prinsip momentum dan impuls.

Impact of jet merupakan suatu percobaan yang menyelidiki tentang pengaruh momentum tumbukan suatu fluida terhadap suatu permukaan (vane). Fluida yang mengalir melalui nosel akan mempunyai kecepatan yang lebih tinggi dibanding sebelum melalui nosel. Perubahan kecepatan ini akan menimbulkan perubahan momentum karena kecepatan berbanding lurus terhadap momentum (P=m.v). Momentum yang  besar ketika menumbuk suatu bidang akan menimbulkan gaya yang besar pula. Gaya yang timbul berupa gaya tolak  yang dialami bidang yang ditumbuk (dalam percobaan ini fluida menumbuk pada vane).

Menurut arah arus fluida saat meninggalkan permukaan impact nya, impact of jet dapat dikelompokkan menjadi simetris dan asimetris. Jika impact yang mengenai permukaan berbelok secara simetris dengan X sebagai sumbu simetri, maka impact ini disebut simetris impact of jet.

Gambar Simetris Jet

Dan jika permukaan impact tidak simetris dengan sumbu vertikalnya dalam hal ini sumbu X, pancaran fluida meninggalkan permukaan yang mengakibatkan reaksi gayanya tidak nol. Bagian yang diberi tanda garis putus-putus merupakan control volume asimetris jet. Secara skematis asimetris jet ditunjukkan gambar berikut:

Gambar Asimetris Jet

Tidak ada komentar