Latest Article

Mengenal Standard Kontrak FIDIC: Short Form of Contract (the Green Book)

Standard kontrak Short From of Contract (the Green Book) adalah salah satu tipe kontrak FIDIC yang biasanya dijadikan acuan untuk pekerjaan skala kecil dan menengah. FIDIC menerbitkan standard ini pada tahun 1999.

Kontrak yang mengikuti the Green Book adalah kontrak untuk pekerjaan yang sangat sederhana, yang dalam pelaksanaannya tidak diperlukan keberadaan engineer. Nilai kontraknya pun tidak lebih dari US$ 500,000 atau waktu pelaksanaannya kurang dari 6 bulan.

The Green Book menyajikan dokumen fleksibel yang berisi semua administrasi dan pengaturan pendanaan penting yang dimungkinkan untuk dengan mudah diubah dan dilengkapi dengan berbagai opsi. Standard kontrak ini kemungkinan besar paling cocok untuk pekerjaan yang cukup sederhana atau berulang dengan jangka waktu pendek tanpa perlu sub-kontraktor khusus.

Standard kontrak the Green Book dapat dilakukan dengan desain disediakan oleh owner (atau insinyur/ arsitek jika ada) atau oleh kontraktor. Selain itu standard kontrak ini dapat melibatkan konstruksi, listrik, mekanik, atau pekerjaan teknik lainnya.

_____________________________________________________________________________________________
Tulisan ini merupakan salah satu serial tulisan yang membahas mengenai standard kontrak FIDIC dan jenis-jenisnya. Pembahasan mengenai jenis-jenis standard kontrak FIDIC yang lain dapat dibaca dengan klik link tulisan di bawah ini:

Tidak ada komentar