Latest Article

Jenis-jenis Valve pada Sistem Perpipaan

Valve atau katup berfungsi untuk memotong, mengalihkan, atau mengatur aliran fluida pada sistem perpipaan. Valve dapat dioperasikan secara manual maupun secara otomatis melalui sinyal atau sensor alat kontrol.
Contoh salah satu jenis valve (check valve)

Valve dibuat berdasarkan standard rating tekanan dan temperatur sesuai dengan ANSI/ ASME B16.1 untuk material besi tuang, B16.34 untuk material baja, B16.24 untuk material perunggu. Ada beberapa jenis valve yang dibedakan berdasarkan fungsi dan cara kerjanya.

Gate valve


Gate valve didesain untuk mengisolasi sistem perpipaan. Pada umumnya valve ini dioperasikan pada posisi disk terbuka penuh atau menutup penuh. Gate valve dianjurkan untuk tidak digunakan sebagai pengatur atau mencekek (throttling) aliran fluida karena fungsi kontrolnya tidak akurat.

Check valve
Check valve didesain untuk mencegah aliran balik (back flow) dalam sistem perpipaan.

Ball valve
Ball valve adalah valve dengan seperempat putaran dan sangat cocok untuk gas, udara bertekanan, cairan, dan servis campuran antara cair dan padat (slurry). Pemakaian material soft-seat seperti nylon, delrin, karet synthetic, dan fluorinate polymers memberikan kemampuan sealing yang bagus.

Tidak ada komentar