Latest Article

Mengenal Standard Kontrak FIDIC: Contract for EPC atau Turnkey (the Silver Book)

Kontrak Turnkey adalah kontrak di mana semua study, design, sebagian detail design sampai dengan volume disiapkan oleh owner, dan owner menghendaki agar setelah tanda tangan kontrak semua resiko menjadi resiko kontraktor.

Untuk itu ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam menjalankan kesepakatan Kontrak Turnkey, yaitu:

  1. Pada saat pelelangan kontraktor harus diberi data dan semua informasi study, design termasuk perhitungan designnya. Volume pekerjaan yang akan dilaksanakan harus dilakukan verifikasi oleh semua bidder, sehingga bidder harus diberikan waktu verifikasi yang cukup.
  2. Lokasi proyek seluruh kondisi/dataya telah diketahui dengan pasti.
  3. Selama waktu pelaksanaan proyek tidak diperlukan persetujuan design dan tidak lagi dilakukan pengawasan sehari-hari oleh owner secara mendalam.
  4. Sisa DED (detail engineering design) yang belum disiapkan oleh owner dapat disiapkan oleh kontraktor dan untuk itu owner wajib menambah biaya engineering-nya.
  5. Setelah kontrak ditandatangani, kontraktor dianggap telah mengetahui semua resiko dan semua resiko ini menjadi resiko kontraktor tanpa adanya amandemen dalam penambahan nilai kontrak maupun waktu pelaksanaannya.

Apa kelebihan dan kekurangan kontrak Turnkey?

Pada Kontrak Turnkey, owner ingin memindahkan Resiko Kontrak yang lebih besar pada kontraktor dengan kondisi:

  1. Owner menginginkan kepastian harga dan waktu pelaksanaan yang lebih baik dengan memindahkan resikonya pada kontraktor
  2. Pelaksanaan kontrak tidak lagi melibatkan Enggineer kecuali representasi engginer/ owner.
  3. Owner tidak lagi akan ikut terlibat secara mendalam dalam pelaksanaan pekerjaan sehari-hari
  4. Owner wajib membayar lebih mahal. Disamping karena adanya biaya Konsultan Perencana dan Konsultan Supervisi yang menjadi anggota konsorsium kontraktor, juga tidak ada resiko yang bersifat gratis sehingga wajar harga kontrak menjadi lebih mahal.

Itulah penjelasan singkat mengenai Kontrak Turnkey yang termasuk salah satu tipe kontrak dengan standard FIDIC.

_____________________________________________________________________________________________
Tulisan ini merupakan salah satu serial tulisan yang membahas mengenai standard kontrak FIDIC dan jenis-jenisnya. Pembahasan mengenai jenis-jenis standard kontrak FIDIC yang lain dapat dibaca dengan klik link tulisan di bawah ini:

Tidak ada komentar