Latest Article

Chromorphous, Kain Pintar yang Bisa Berubah Warna melalui Perintah Smartphone



Sebuah temuan teknologi baru muncul, yakni berupa kain pintar atau dinamai chromorphous. Kain chromorphous merupakan temuan para ahli dari College of Optics & Photonics di University of Central Florida.

Kain pintar chromorphous dapat berubah warna tanpa memerlukan suatu modifikasi dari zat pigmen (pemberi warna) eksternal, bahan kain tersebut lantas mereka namai sebagai chromorphous. Kain ini tetap memiliki kekhasan sifat kain seperti kain biasa lainnya, antara lain elastisitasnya sebagaimana kain pada umumnya  juga tingkat kelembaban dan lain sebagainya, sehingga tetap nyaman dikenakan, juga tetap nyaman ketika tersentuh kulit tubuh manusia.

Perbedaan kain ini dengan kain pada umumnya adalah kain pintar tersebut mampu berubah warna tanpa harus mengalami proses kimiawi terlebih dahulu. Hal tersebut dimungkinkan karena benang kain pintar chromorphous dibuat dari polimer sintetis yang dirancang dan dikombinasikan dengan microwire logam yang tipis, sehingga tiap benang kain pintar adalah kabel mikrokopis berpigmen. Ketika ada perintah pengubahan warna, maka akan timbul arus listrik yang mengalir ke kabel mikroskopis tersebut untuk menaikkan temperatur tenunan kain. Warna kain akan berubah seiring temperatur yang dinaikkan.

Tidak hanya warna kainnya saja yang bisa berubah, namun juga pola pattern corak kainnya. Pemberian perintah pengubahan warna atau pola pattern tersebut berasal dari aplikasi dari smartphone. Jadi perubahan warna dapat terjadi sebagai akibat adanya perubahan suhu temperatur kain. Cara kerja tersebut mirip dengan cara kerja pada material thermotropic yang biasa digunakan di mood ring, yakni dengan mengandalkan kabel logam tipis untuk mengubah suhu temperatur, dengan transisi yang merata dan tidak lama. Hal ini mampu membuat suhu kain terisolasi, dan permukaan kain tidak ikut meningkat temperaturnya, sehingga kain pintar tersebut masih tetap nyaman dikenakan. Selain dapat digunakan untuk membuat syal, tas, sepatu, kain ini juga dapat digunakan sebagai bahan membuat baju.

Sudah ada brand yang namanya VanDerWaals yang telah memproduksi tas yang dapat berubah warna selain juga dapat mengisi daya telepon, penyesuaian warna tasnya dilakukan melalui suatu aplikasi yang sudah diinstall terlebih dahulu pada smartphone. Bagaimana? Anda berminat memiliki tas atau baju dari kain pintar chromorphous?


Tidak ada komentar