Latest Article

Kemudahan bersama Google Assistant, Ketika Ponselmu Bekerja dengan Perintah Lisan

Foto: assistant.google.com

Sudah mendengar salah satu fitur mutakhir Google yang rilis 2016 lalu? Fitur ini mampu meningkatkan performa smartphone. Google akan menyediakan 'asisten pribadi' yang akan membantumu terhubung otomatis dengan berbagai aplikasi dan data hanya dengan memberikan perintah secara lisan, tanpa perlu mengetik. Ya, teknologi Google Assistant kini hadir memberikan banyak kemudahan bagi para pengguna smartphone.

Memainkan Video Dan Musik
Berikan perintah untuk memainkan sebuah musik maupun video, dan Google Assistant siap menghiburmu.

"Putarkan lagu terbaru dari Araina Grande!"
Dengan perintah lisan seperti itu, Google akan memutarkan playlist dari Youtube atau Google Play Music. Saat ini Google Assistant juga telah terhubung dengan JOOX dan Spotify.

Untuk setting pilihan platform musik kesukaanmu lakukan setting berikut ini:

  1. Tekan tombol Home pada handphone Android atau tablet lalu tahan, atau katakan "Ok Google."
  2. Pada bagian kanan atast, tap  Explore & Your stuff and then More More and then Settings.
  3. Pilih Services and then Music.
  4. Pilih platform layanan musik kesukaanmu. Untuk beberapa layanan, anda akan diminta login.
  5. Selesai.
Selain itu, kini Google Asistant juga telah terhubung dengan JOOX.
Ucapkan: "Bicara dengan JOOX"

Asik bukan jika Anda bisa merasakan fitur-fitur dari aplikasi yang bekerja saat anda mengucapkan “Hi Google”?

Mencari Dan Membaca Sebuah Berita

Ini hal yang sangat menarik dari Google Assistant. Pasalnya, Anda bisa memberikan perintah Google Assistant untuk mencari berita pilihan dan membacakannya. Uniknya lagi, teknologi ini bisa membacakan sebuah berita seperti layaknya seorang pembaca berita, bukan sekadar membaca sebuah text saja. Anda langsung bisa mencobanya dengan membuka aplikasi Google dan pilih pengaturan Google Assistant.

"Putar berita dari Kompas TV"
Maka, anda terhubung dengan berbagai berita dari Kompas TV.

Mampu Menerjemahkan Kalimat
Jika biasanya Anda sering menggunakan Google Translate untuk menerjemahkan kata atau kalimat ke berbagai bahasa, Google Assistant memberikan pekerjaan yang lebih instan. Teknologi canggih ini diberikan kemampuan seperti Google Translate dengan mengeluarkan perintah berbentuk suara. Anda cukup bertanya kata atau kalimat yang ingin diterjemahkan dan hasilnya akan tampil secara otomatis pada layar smartphone.

Apa “Terima kasih” dalam bahasa Spanyol?
Google translate-pun muncul.

Telepon Teman
Foto: assistant.google.com

Anda harus menghubungi teman secara mendadak? Walaupun cuma menghemat 15-20 detik, namun tentu menggunakan Google Assistant lebih memudahkan anda. Ucapkan perintah seperti di atas, lalu dengan sendirinya smartphone anda akan menghubungi orang yang dimaksud. Anda tidak perlu repot-repot mengetik nama di daftar kontak atau mencari tombol searching. Google Assistant akan melakukan semuanya.

Saat ini Google Assistant tersedia untuk ponsel dengan OS Android 5.0+ atau iOS 10.0+. Google Assistant dirancang untuk melakukan komunikasi dua arah dan melakukan perintah. Dengan sistem dua arah ini, Google Assistant akan semakin 'cerdas' dan 'terlatih' jika kamu sering menggunakannya.

By Ismail Nur Hidayat & Vivi

Tidak ada komentar